Pengenalan Dasar Lapangan 2019 Prodi Sarjana Teknik Geologi

Kegiatan Pengenalan Dasar Lapangan (PDL) 2019 Departemen Teknik Geologi telah selesai dilaksanakan pada tanggal 21 – 24 Desember 2019. Acara rutin yang diselenggarakan setiap akhir tahun dengan peserta mahasiswa baru tingkat sarjana ini merupakan kegiatan pengenalan lapangan yang menjadi syarat mutlak bagi calon ahli geologi yang harus dimiliki mahasiswa Teknik Geologi FT UGM yang unggul dalam dari segi fisik dan mental serta unggul dalam aspek kognitif.

Acara PDL tahun ini diikuti oleh 111 mahasiswa dan mengusung bertema: “Membentuk mahasiswa Teknik Geologi yang unggul secara fisik maupun mental, memiliki attitude yang baik dan unggul secara akademik dan non-akademik.” Kegiatan ini terdiri atas beberapa tahapan: (1) sosialisasi, (2) pemberian materi, (3) checking, dan (4) acara inti.

Tahapan acara inti terdiri dari (1) Tahapan Acara di Markas Paskhas, dan (2) Tahapan Acara di Lapangan. Di Markas Paskhas Yogyakarta, peserta mendapatkan pelatihan fisik dan mental oleh pihak Paskhas, pembekalan materi mengenai survival, safety procedure dan geologi lapangan yang akan bermanfaat dalam tahapan acara di lapangan nantinya. Kemudian, di lapangan, peserta mendapatkan simulasi kegiatan lapangan yang dilaksanakan di Perbukitan Jiwo, Klaten, Jawa Tengah. Peserta diharapkan mampu mengenali kegiatan lapangan secara global. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kekompakan antar peserta, menumbuhkan jiwa kepemimpinan dalam pribadi peserta, serta melatih kemampuan fisik dan mental peserta di lapangan.

Humas Departemen (Wita) | 6 Januari 2019