Workshop Acid Mine Water: Causes and Solutions, 8 – 12 Juli 2019

Departemen Teknik Geologi FT UGM bekerjasama dengan RWTH Aachen University Jerman akan menyelenggarakan Workshop on Acid Mine Water: Causes and Solutions, 8 – 12 Juli 2019 mendatang.

Latar Belakang:
Di dunia pertambangan, keberadaan mineral sulfida sebagai pirit atau lainnya yang berasosiasi dengan mineral bijih atau seam batubara, dapat mengalami oksidasi dan menghasilkan air asam (air asam tambang). Pengaruh pencemaran air asam ini sering menjadi bertambah berbahaya terhadap lingkungan dengan kehadiran logam berat terlarut seperti mangan, tembaga, arsen, seng dan lainnya yang umumnya menjadi mudah larut pada air dan lebih mobile pada kondisi asam.
Kemungkinan munculnya air asam tambang sering berasosiasi dengan kegiatan tambang, antaralain: (1) aliran air permukaan pada proses pembukaan lahan, (2) rembesan pada proses underground excavations, (3) aliran air permukaan pada open pit mines, (4) rembesan airtanah yang mengandung air asam, (5) perkolasi air melalui massa batuan khususnya pada underground mining, (5) aliran air permukaan pada stockpile, (6) aliran air permukaan pada waste rock storage, (7) rembesan atau overflow pada dam tailing. Banyaknya kegiatan yang dapat menyebabkan
munculnya air asam tambang, menunjukkan bahwa setiap kegiatan tambang akan memiliki permasalahan ini, sehingga diperlukan cara untuk mengelola dan menanganinya dengan tepat.
Penangganan dan pengelolaan yang tepat dapat dilakukan jika kita mengetahui seluk beluk mengenai air asam tambang.

Course Module Description:
Workshop ini disusun sedemikian rupa sehingga dapat memberikan pengetahuan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan sumber air asam tambang, bagaimana cara menilai potensi kemunculannya, karakteristik air asam tambang dan bagaimana metoda penanganan dan atau pengelolaan-nya. Bahasan tentang pit lake juga ada pada workshop ini.

Tujuan:
Terdapat tiga tujuan pembelajaran yang diharapkan diperoleh peserta pelatihan, yaitu:
1. Peserta pelatihan memahami air asam tambang, penyebab dan dampak adanya air asam tambang pada lingkungan.
2. Peserta pelatihan memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk dapat memprediksi dan mengidentifikasi permasalahan air asam tambang termasuk didalamnya menilai potensi air
asam tambang.
3. Peserta pelatihan memiliki kemampuan mendesain dasar penanganan/pengelolaan air asam tambang termasuk didalamnya solusi teknik penanganan dan pemantauan yang tepat.

Jadwal:

8 – 11 Juli 2019 : workshop

12 Juli 2019 : fieldtrip

Pengampu:

Prof. Thomas R Ruede (RWTH Aachen University) – kelas workshop

Dr.rer.nat. Doni Prakasa Eka Putra  dan Dr. Wahyu Wilopo (Teknik Geologi FT UGM) – fieldtrip

Biaya:

Perusahaan IDR 3.500.000,-

Dosen/Staff Non – UGM IDR 2.000.000,-

Mahasiswa Non – UGM IDR 1.000.000,-

Dosen dan mahasiswa UGM – FREE

Pembayaran melalui transfer ke Bank Mandiri Teknik Geologi 1370098188127

Peserta terbatas 30 orang. Apabila pelamar melebihi kuota, panitia akan melaksanakan skrining.

Pendaftaran dan pengiriman bukti pembayaran dikirimkan melalui email jtg.ft@ugm.ac.id dengan subyek Workshop Acid Mine Water 2019.

Pengumuman dalam .pdf dapat diunduh disini.

Humas Departemen (Wita) | 17 Mei 2019